Home » » Sejarah Anime

Sejarah Anime









Anime adalah istilah yang digunakan untuk menyebut Animasi atau Kartun asal Jepang. Kata Anime berasal dari kata Animation yang secara harafiah bahasa Jepang dibaca Animeshon, yang kemudian disingkat menjadi Anime. Sejarah Anime dimulai ketika dilakukanya First Experiments in Animation oleh Oten Shimokawa, Koichi Junichi, dan Seitaro Kitayama pada tahun 1913. Setelah beberapa tahun muncul Anime pendek berdurasi sekitar 5 menit berjudul "Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki" karya Oten Shimokawa pada tahun 1917. Kemudian muncul kembali 2 Anime berjudul "Saru Kani" dan "Momotaro" yang merupakan karya Seitaro Kitayama pada tahun 1918, yang dirilis oleh Nihon Katsudo Shashin (Nikatsu).

Namun karena terjadi gempa bumi di Tokyo pada tahun 1923, semua catatan atau arsip tentang Anime dikatakan hilang. Setelah bencana tersebut, pada tahun 1927 Amerika berhasil membuat Animasi dengan menggunakan suara. Kemudian Jepang mengikuti langkah yang sama dengan Amerika dan kemudian Jepang berhasil membuat Anime pertama yang menggunakan suara musik berjudul "Kujira" karya Noburo Ofuji. Kemudian berlanjut dengan Anime pertama yang bisa berbicara berjudul "Kuro Nyago" yang berdurasi 90 detik karya Noburo Ofuji juga. Setelah itu muncul Anime pertama yang mempunyai sekuel berjudul "Sarugashima" dan "Kaizoku-bune" pada tahun 1930 dan 1931.

Sebelum Perang Dunia ke-2, muncul Anime pertama yang menggunakan optic track berjudul "Chikara To Onna no Yononaka" karya Kenzo Masaoka pada tahun 1932. Setelah itu muncul Anime pertama yang berdurasi 30 menit berjudul "Momotaro no Umiwashi" karya Masaoka dan muridnya Senoo Kosei pada tahun 1943. Kemudian muncul lagi Anime pertama yang berdurasi 72 menit berjudul "Momotaro: Umi no Shinpe" karya Senoo Kosei pada tahun 1945.

Setelah Perang Dunia ke-2 usai, industri Anime dan Manga bangkit kembali berkat Tezuka Osamu yang pada saat itu usianya baru 20 tahun dan kemudian berkat kecemerlanganya ia dijuluki sebagai "God of Manga". Karya pertama yang membuat Tezuka terkenal berjudul "Shintakarajima" yang dirilis pada tahun 1947. Pada tahun 1960 Anime pertama kali ditayangkan di TV Jepang, yaitu di Stasiun Televisi "Mittsu no Hanashi". Setelah kontrak Tezuka habis dengan Perusahaan Toei, dia kemudian mendirikan Osamu Tezuka Production Animation Departement atau disebut Mushi Production. Anime pertama yang diproduksi oleh Mushi Production berjudul "Aru Machi Kado no Monogatari" pada tahun 1962.

Dan Anime pertama yang mencapai kepopuleran hingga ke seluruh dunia adalah "Astro Boy" karya Tezuka Osamu pada tahun 1963



Sekarang Anime sudah berkembang dibandingkan dengan Anime zaman dulu dengan alur cerita yang lebih seru dan grafik yang menarik tentunya.





Sekarang kalian sudah tau kan Sejarah tentang Anime, yang sekarang sudah populer. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua :)



 Copyright © Fauzan Rakhmat Blog





 


0 komentar:

Posting Komentar

Fan Page Facebook