Home » » Perbedaan Otaku dan Weeaboo

Perbedaan Otaku dan Weeaboo









Pengertian Otaku

Otaku adalah sebutan untuk orang yang menggemari Anime, Manga, Video Game, Idol, Cosplay, dan Kultur Jepang. Namun Otaku juga bisa digunakan untuk menyebut orang yang benar-benar menekuni hobinya. Istilah Otaku pertama kali diperkenalkan oleh Akio Nakamura dalam artikel "Otaku no Kenkyu" yang dimuat di Majalah Manga Burikko.

Di Jepang Otaku kadang berkonotasi negatif, karena dianggap terlalu berlebihan dalam menggemari hobinya. Tetapi tidak semua Otaku itu negatif, karena banyak Otaku yang sangat mendalami hobinya hingga detail dengan dibarengi tingkat pengetahuan yang sangat tinggi hingga mencapai tingkat pakar, tanpa mengurangi rasa sosialisasi di masyarakat. Istilah Otaku di daerah barat disebut "Geek" yang berarti terlalu menggemari Internet, Gadget, Komputer, dan semacamnya.

Dalam kesehariaan seorang Otaku masih menggunakan bahasa yang normal, dan tidak harus menggunakan bahasa Jepang. Seorang Otaku bisa saja orang Jepang asli atau dari negara lain, seorang Otaku yang berasal dari negara lain menganggap Jepang adalah negara yang kreatif dan sering menghasilkan produk yang menarik, bukan menganggap Jepang itu segalanya.


Macam-Macam Otaku

- Anime Otaku :
Orang yang sering menonton Anime dan sangat terobsesi dengan Anime tersebut.

- Manga Otaku :
Orang yang sering membaca Manga dan sangat terobsesi dengan Manga tersebut.

- Cosplay Otaku :
Orang yang sering mengenakan kostum dan senang bermain peran tokoh Anime, Manga, dan Idol.

- Game Otaku :
Orang yang sering menghabiskan waktunya di depan monitor untuk bermain game.

- Idol Otaku :
Orang yang terobsesi dengan idola laki-laki dan perempuan mereka, misalnya AKB48 dan JKT48

- Seiyuu Otaku :
Orang yang terobsesi dengan Pengisi Suara karakter Anime.

- Figure Otaku :
Orang yang mencintai atau suka mengkoleksi Figure Anime.

- Tetsudo Otaku :
Orang yang sering naik Kereta Api dan senang terhadap seragam dan model Kereta Api tersebut (Biasanya bermotif Anime)

- Pasocon Otaku :
Orang yang terobsesi dengan Komputer dan senang mempelajari hardware dan software secara rinci.

- Gunji Otaku :
Orang yang menggemari cerita perang dan terobsesi dengan seragam militer.



Pengertian Weeaboo

Weeaboo atau Wapanese adalah orang yang bertingkah laku seakan-akan mereka tinggal di Jepang, tapi pada kenyataanya mereka bukan orang asli Jepang. Biasanya Weeaboo dianggap sangat negatif, karena mereka kurang menghargai budaya negara mereka sendiri dan lebih menghargai budaya Jepang. Seorang Weeaboo juga menyukai Anime, Manga, Video Game, Idol, Cosplay, dan Kultur Jepang sama seperti Otaku. Namun seorang Otaku belum tentu Weeaboo, sementara Weeaboo biasanya adalah Otaku.

Seorang Weeaboo seringkali meremehkan negara-negara lain atau non Jepang, termasuk Indonesia. Bagi Weeaboo, Anime dan Manga adalah sumber utama yang paling benar untuk dijadikan sebagai ilmu dan juga bahasa. Menurut Weeaboo, orang harus selalu menghargai dan menghormati budaya, tradisi, dan kebiasaan orang Jepang. Jika ada yang menghina atau menjelek-jelekan Jepang, seorang Weeaboo akan sangat marah. Ciri-ciri Weeaboo adalah mereka sering mengganti namanya seperti nama karakter Anime dan Manga. Dalam kesehariaan mereka senantiasa menggunakan bahasa Jepang dan dalam melakukan sesuatu mereka akan seperti orang Jepang dan harus seperti orang Jepang.

Perlu kalian ketahui, untuk orang asli Jepang tidak ada istilah Weeaboo, karena istilah Weeaboo itu digunakan untuk orang yang bukan asli Jepang, tidak lahir di Jepang, dan bukan warga Jepang. Terakhir seorang Weeaboo akan menganggap Jepang itu negara yang luar biasa dan menganggap Jepang itu segalanya bagi mereka.





Sekarang kalian sudah tau kan Perbedaan antara Otaku dan Weeaboo. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua :)



Copyright © Fauzan Rakhmat Blog





0 komentar:

Posting Komentar

Fan Page Facebook