Home » » Kunci Sukses Negara Jepang

Kunci Sukses Negara Jepang








Kerja Keras

Orang Jepang sudah dikenal sebagai orang yang pekerja keras. Rata-rata orang Jepang bekerja selama 2450 jam per tahun, ini jauh berbeda dengan Amerika yang hanya 1957 jam per tahun. Di Jepang pulang lebih awal adalah sesuatu yang memalukan dan bisa jadi orang yang pulang lebih awal tidak akan dibutuhkan di Perusahaan Jepang.



Malu

Malu adalah budaya Jepang yang diturunkan secara turun-temurun. Orang Jepang akan malu bila melanggar aturan yang sudah ditentukan oleh negara mereka sendiri. Orang Jepang selalu rela mengantri untuk mendapatkan sesuatu, seperti membeli tiket atau untuk pergi ke toilet. Di Jepang pejabat yang terlibat kasus korupsi atau gagal menjalankan tugasnya, maka mereka akan mengundurkan diri, karena mereka malu tidak bisa bekerja dengan baik.



Inovasi

Jepang adalah negara yang senang berinovasi dengan berbagai barang. Mereka bukanlah bangsa penemu tapi mereka bisa mengembangkan temuan orang lain menjadi sesuatu yang berbeda dan kemudian mereka memasarkannya ke negara lain. Kereta Api bukanlah temuan Jepang, tapi mereka tercatat sebagai negara pertama yang menciptakan Kereta Cepat atau Shinkansen.



Membaca

Orang Jepang adalah orang yang sangat gemar dalam membaca dan mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu dengan percuma. Di dalam Kereta atau Bus di Jepang, sebagian besar penumpangnya terlihat membaca buku atau koran. Dan Sekarang Manga sudah banyak digunakan untuk materi pelajaran sekolah SD, SMP, maupun SMA. Budaya membaca di Jepang juga didukung dengan kecepatan dalam proses penerjemahan buku-buku asing.



Loyalitas

Kebanyakan orang Jepang yang bekerja di Perusahaan sangat jarang berpindah-pindah ke Perusahaan lain. Mereka akan terus setia dengan Perusahaan tempat kerja mereka. Karena menurut mereka para pekerja di Perusahaan tersebut sudah dianggap sebagai keluarga dan mereka akan bertahan di Perusahaan sampai pensiun. Mereka menganggap kesuksesan Perusahaan adalah kesuksesan mereka juga.



Mandiri

Sejak usia dini anak-anak di Jepang sudah diajarkan untuk hidup mandiri. Anak TK di Jepang sudah dilatih untuk membawa perlengkapan mereka sendiri dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri. Untuk sebagian besar yang sudah SMA atau kuliah mereka sudah tidak meminta uang saku atau biaya kepada orang tua, mereka akan bekerja paruh waktu untuk biaya sekolah dan kehidupan sehari-hari.



Menjaga Tradisi dan Budaya

Walaupun negara Jepang sekarang sudah menjadi negara maju para warganya tidak akan melupakan tradisi dan budaya negara sendiri, mereka akan selalu menjaga dan melestarikannya. Sebagai contohnya orang Jepang masih sering menggunakan pakaian Kimono untuk acara tertentu dan tradisi minum teh di Jepang juga masih dilakukan serta Jepang juga masih mempertahankan budaya malunya.



Pantang Menyerah

Negara Jepang bisa dikatakan sebagai negara yang tahan banting. Beberapa bencana terjadi di Jepang, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang meluluh lantahkan kota tersebut, serta gempa bumi yang dahsyat yang mengguncang Tokyo yang mengakibatkan banyak korban. Tapi dari semua itu Jepang masih bisa bangkit dan berhasil membangun kembali negaranya yang sudah hancur menjadi negara maju. Sekarang ilmu Kegagalan atau Shippaigaku dimana orang harus belajar dari kegagalan sudah diformulasikan di Jepang.





Sekarang kalian sudah tau kan apa saja Kunci Sukses Negara Jepang. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua :)




Copyright © Fauzan Rakhmat Blog 

 










0 komentar:

Posting Komentar

Fan Page Facebook